REVERSE OSMOSIS | INDUSTRI AIR MINUM | SNI - AMDK | AIR MINUM ISI ULANG RO | DEPOT AIR MINUM | BISNIS AIR MINUM | FILTER AIR MINUM | INDONESIA
 
Artikel
Mesin Air Minum RO Yang Baik

Syarat Mesin Air Minum, AMDK & Isi Ulang Air RO serta Pabrikan RO yang Baik, Sehat dan Handal serta Bermanfaat bagi banyak orang haruslah memenuhi beberapa Kriteria, antara lain...
Spare Parts Mesin Air Minum RO

Kami mempunyai stock Spare Parts Reverse Osmosis / RO systems, RO Membrane, Pompa Booster Pump, Solenoid, Low Pressure Switch, TDS Meter, dll
SUPER PROMO

Free : AVR - Auto Volt Regulator 5.000 watt untuk 25 pembeli Victoria Depo air minum Isi Ulang Sehat RO 8.000 liter / 400 Galon - bebas dari bakteri. Promo juga Sikat Galon untuk Depot air minum.
Tanki Media Filter & Filter Air

Filter AirWater Filter Tank dan Media Filter kami tersedia dalam berbagai macam, diantaranya Structural, Wave Cyber, Luso Abg 11, Calgon, Greensand, FerroLite, dll.
 
victoria_reverse_osmosis

 



Hotline

Contact : Tjan Soe Liang / Nico.
Address : Jl. Raya Bantulan Gamping 8
( Jalan Godean Km. 7 ) - Sidoarum
YOGYAKARTA 55564 - INDONESIA

Penjelasan : Klik di Gambar ini


Phone : 0274 - 6497 678
Fax : 0274 - 6497 879

Hand Phone :
Indosat : 0815 6879 123
XL : 0817 2379 123
Fren : 0888 2800 123
Telkomsel : 0812 36297 123
Flexi : 0274 7409 922


Bank BCA Yogyakarta :
Rekening : 445 3800 388
Atas nama : Tjan Soe Liang.


Bank MANDIRI Yogyakarta :
Rekening : 137-00-063-9813-1
Atas nama : Tjan Soe Liang.


Bank BRI Yogyakarta :
Rekening : 7674-01-000019-50-4
Atas nama : Tjan Soe Liang.

Cust Support : info@victoria-ro.com
E-mail : mail@victoria-ro.com


Total Visitors






PRINGSEWU
Win For Your Life 
   


 
Tanya Jawab


Air Minum  |   Bisnis Air Minum  |   Air Payau  |   Air Asin  |   Air Gambut  |   Kamus Ilmiah Air  |  
Kamus Ilmiah Air

1. Alat Test Lampu / Uji Lampu :

Sistim kerja dari alat ini adalah melihat Daya Hantar air tersebut / Resistansi Air tersebut, yang dimana jika Air mempunya kandungan TDS yang tinggi / Daya Hantar Listrik Tinggi, maka secara otomatis Lampu pasti menyala, sedangkan jika TDS rendah / Daya hantar Listrik rendah maka Lampu tidak menyala. Sebenarnya hal ini telah diajarkan di sekolah Bangku SD, hanya kadang kita menjadi terheran heran ???.


2. Booster Pump - Reverse Osmosis Booster Pump

Reverse Osmosis Booster Pump = Pompa Pendorong Membrane Reverse Osmosis.
Ini adalah salah satu Otak penggerak dari Mesin RO, Booster Pump pada mesin RO mempunyai tekanan kerja yang harus disesuaikan dengan Membrane yang dipakai.
Pengaruh Booster Pump di mesin RO berpengaruh pada kestabilan hasil kualitas air dan juga pada Debit Air RO hasil dari mesin yang kita pakai.
Untuk Mesin Air RO yang baik akan menggunakan Booster Pump yang baik.

Juga pada mesin air RO yang baik akan mempunyai otomasisasi untuk perlindungan Booster Pump tersebut, sehingga Booster Pump tersebut tidak terbakar disebabkan Tidak ada air yang masuk tetapi Booster Pump tetap kerja; sehingga terbakar, Tekanan Booster Pump terlalu tinggi pada membrane RO, sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi Membrane RO dan Pompa terlalu berat dan terbakar, dls.

Pelajarilah dahulu sebelum anda membeli mesin RO tersebut, Booster Pump yang cepat panas akan mempengaruhi kekuatan kestabilan kerja Booster Pump tersebut dengan berubahnya resistansi pada gulungan kawat tembaga dan menurunnya Daya kuda / Horse Power dari mesin RO tersebut.

Telitilah sebelum membeli Barang yang anda butuhkan untuk Hasil yang terbaik bagi Anda sendiri.


3. Conduktivity

Conduktivity = Konduktifitas = Daya Hantar air
Nilai TDS Air = 0,66 X Conductivity Air
Jadi semisal Nilai Conduktivity Air = 10, maka Nilai TDS air tersebut adalah 0,66 X 10 = 6,6 ppm.

4. ELEKTROLISA

ELEKTROLISA
(untuk Test Kandungan Larutan dalam Air secara paling sederhana.)

Dalam peristiwa penguraian Air secara Paling Sederhana ini, digunakan sistim Elektrolisasi Air untuk melihat Kandungan Larutan yang ada dalam air tersebut, sehingga dibutuhkan Arus DC / Searah, yang dimana dalam sistim Elektrolisa / Penguraian air ini akan terjadi pelepasan Ion dari Kutub Positif (+) menuju Negatif (-), seperti kita ketahui terjadinya arus getaran adalah perpindahan arus dari Positif (+) menuju Negatif (-), sehingga disebabkan yang Positif (+) digunakan dari Besi / Fe, dan yang Negatif digunakan dari Aluminum / Al. Dan kedua jenis Logam tersebut tidak dapat bersenyawa, maka saat Unsur besi tersebut lepas serta tidak bisa bersenyawa dengan Aluminium, kemudian bergabung dengan kandungan Kimia yang ada dalam air tersebut, maka akan timbullah warna yang bermacam-macam, diantaranya : Hijau, Hitam, Putih, Biru, dan Orange. Yang dimana dari tiap warna tersebut kita dapat menganalisa secara garis besar apa kandungan / Polutan kimia dalam air tersebut.


5. GPD

GPD = Gallon Per Day
GPD adalah ukuran kapasitas kemampuan produksi dari Membrane RO, GPD disini adalah ukuran yang mengacu pada standart International = 3,785 liter.
Jadi 100 GPD = 100 X 3,785 liter = 378,5 liter per Day / 24 jam kerja.

6. GPM

GPM = Gallon Per Minute
GPM adalah ukuran kapasitas kemampuan yang biasanya digunakan untuk UV / Ultra Violet, GPM disini adalah ukuran yang mengacu pada standart International = 3,785 liter.
Sebagai contoh : 12 GPM = 12 X 3,785 liter = 45,42 liter per Minute kemampuan dari Sterilized Lampu UV trersebut.

7. HOUSING

HOUSING
Housing = Tempat / Wadah Filter.
Ukuran Housing yang beredar dipasaran adalah antara 10 Inch sampai 40 Inch.
Kekuatan Housing diukur berdasarkan Tekanan Maximal kemampuan Housing tersebut.


8. HOUSING MEMBRANE

Housing Membrane adalah tempat untuk mengisi Membrane / Penapis Air.
Kekuatan Housing Membrane diukur berdasarkan Tekanan Air, yang disini mempunyai satuan Psi dan Kg/cm2.
Ukuran Membrane Housing terbagi dalam beberapa macam, disesuaikan dengan ukuran Membrane yang akan digunakan.



9. MEMBRANE RO

Membrane RO = Penapis Air = Pemisah Air
Membrane RO adalah Inti dari Mesin Ro yang anda beli.
Membrane RO adalah mempuyai Pori-pori 0,0001 mikron, atau satu lembar rambut dibelah menjadi satu juta.

Penyebab Membrane Buntu :
Penyebab Membrane Buntu adalah dari berbagai faktor dari perawatan serta Set dari tiap Penjual mesin RO, banyak terjadi penjual mesin RO yang asal jual Membrane RO serta tidak menguasai pada Dunia Air sehingga membrane RO tersebut sering buntu.
Untuk Mesin RO yang BAIK adalah yang dimana mesin RO tersebut saat akan dipasang harus disesuaikan dengan kondisi air setempat. Dan tidak hanya diberikan Media FILTER CARBON dan CAT-ION SAJA untuk melindungi Membrane RO tersebut, sebab kimia dalam air adalah amat bervariasi, jadi kurang bijaksana jika hanya Cat-Ion untuk Kapur dan Carbon untuk Menyerap bau, warna, rasa tak sedap, bahan kimia organik, klorin saja.

Kurang Bijaksana jikalau semua Penyakit akan Diberikan dengan Obat yang sama.

10. RESIN - CAT-ION & AN_ION

Resin = Kimia Buatan.
Resin yang sering digunakan dalam Proses Pemurnian Air terbagi 2 macam :

Cat-Ion = Catode Ion = Ion Positif.
Kandungan Kimia dari Cat-Ion adalah Na / Natrium.
Nomor Atom = 11
Fungsi : Pengikatan kandungan CaCo3 / Kapur / Kesadahan.
Sistim kerja pada air dengan kandungan CaCo3 adalah dengan pengikatan, yang dimana CaCo3 akan diikat dan menempel pada Cat-Ion tersebut, dan saat Cat-Ion sudah jenuh, dapat di Cuci / Regenerasi kembali dengan menggunakan Garam / NaCl.

An-Ion = Anoda Ion = Ion Negatif.
Kandungan Kimia dari An-Ion adalah Cl / Klor.
Nomor Atom = 17
Fungsi : Jika diaktifkan dengan NaOH, maka akan berubah menjadi Nacl + OH, yang dimana Nacl akan terbentuk menjadi Penggaraman, dan OH digunakan untuk Demineralisasi dalam air.
Demineralisasi = Pengikatan Mineral dalam Air.

11. TDS

TDS = Total Dissolved Solid = Jumlah Larutan Padat yang terkandung dalam Air.

Satuan dari TDS adalah ppm = Part Per Million.

TDS test untuk air digunakan untuk mengetahui secara global jumlah kimia terlarut dalam air tersebut, yang dimana meliputi kandungan Aluminum, Besi, Tembaga, Timbal, Seng, Natrium, Mangan, Kapur, Dls.

Dari pengertian ini, maka kita dapat menyimpulkan bahwa TDS dalam air yang berNilai sama belum tentu akan menghasilkan
TDS Hasil Air RO yang sama, hal itu terjadi disebabkan pada TDS Air Baku yang sama, semisal 120 ppm, maka Larutan apa yang ada dalam air adalah belum tentu sama, sehingga saat melalui Desalination Membrane RO, maka hasil TDS air RO akan menghasilkan Nilai yang berbada.

Macam TDS yang beredar dipasaran terbagi beberapa macam tergantung fungsinya mau digunakan untuk Test air apa ???, tapi secara umum yang beredar adalah Kalibrasi 1= X 1 Real, dan X 10 atau kalibrasi 10 kali lipat. Dari penjelasan ini, maka semisal air dengan TDS Real ( X1) = 120 ppm, jika kita ukur dengan TDS yang X 10, maka yang tampak hanyalah 12 ppm saja, dan seharusnya kita membaca adalah 12 ppm X 10 = 120 ppm.


12. UV - Ultra Violet Water Sterilizer

Cahaya UV / Ultra Violet adalah radiasi elektromagnetik, fungsinya adalah untuk membunuh Kuman, Bakteri dan Virus serta mikro organisme, cara kerjanya adalah menghilangkan kemampuan reproduksi mereka dan membunuh mereka.

Cahaya UV cukup pendek panjang gelombangnya untuk membunuh mikro organisme .
Ini digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti makanan, udara dan pemurnian air.

Satuan kekuatan dalam UV adalah nm, Untuk dapat membunuh Kuman serta sejenisnya dengan sempurna, adalah Minimal pada ukuran 253,7 nm Ultra Violet Radiation.

Body Stainless Steel 316 Lampu U.V. yang bersatu dengan Ozone adalah suatu rangkaian yang amat Ideal untuk Sterilisasi dalam air minum.

- Depot Air Minum Isi Ulang RO 4.000 Liter - 200 Gallon 3 In 1
- Depot Air Minum Isi Ulang RO 8.000 Liter - 400 Gallon 3 In 1


13. OZONE

Ozone = O3
Ozone adalah Sterilizer anti Bakteri dan Virus yang sangat cocok digabungkan dengan UV.

Sistim kerja Ozone dalam air minum adalah dengan Membunuh Bakteri dengan Membelah, sehingga semua Bakteri dan Virus adalah Pasti Mati terkana Ozone, tentunya hal ini harus disertai spesifikasi yang sesuai untuk ukuran yang tepat.

Satuan kekuatan dalam Ozone adalah nm, Untuk dapat membunuh Kuman serta sejenisnya dengan sempurna, adalah Minimal pada ukuran 185 nm Ozone Radiation.

Salah satu syarat AMDK adalah harus juga menggunakan Sterilisasi Air dengan Ozonisasi.

Body Stainless Steel 316 Ozone yang bersatu dengan U.V. adalah suatu rangkaian yang amat Ideal untuk Sterilisasi dalam air minum.

- Depot Air Minum Isi Ulang RO 4.000 Liter - 200 Gallon 3 In 1
- Depot Air Minum Isi Ulang RO 8.000 Liter - 400 Gallon 3 In 1


14. pH = Derajat keAsaman

pH = Power of Hidrogen
pH adalah derajat keAsaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat Asam atau Basa yang dimiliki oleh suatu larutan.
Ia didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut.
Koefisien aktivitas  ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoritis.
Skala pH bukanlah skala absolut, Ia bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH-nya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.

Konsep pH pertama kali diperkenalkan oleh kimiawan Denmark Søren Peder Lauritz Sørensen pada tahun 1909. Tidaklah diketahui dengan pasti makna singkatan "p" pada "pH". Beberapa rujukan mengisyaratkan bahwa p berasal dari singkatan untuk powerp (pangkat), yang lainnya merujuk kata bahasa Jerman Potenz (yang juga berarti pangkat), dan ada pula yang merujuk pada kata potential. Jens Norby mempublikasikan sebuah karya ilmiah pada tahun 2000 yang berargumen bahwa p adalah sebuah tetapan yang berarti "logaritma negatif".

Air murni bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25 °C ditetapkan sebagai 7,0. Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat Asam, dan larutan dengan pH lebih daripada tujuh dikatakan bersifat Basa atau Alkali.

Pengukuran pH sangatlah penting dalam bidang yang terkait dengan kehidupan atau industri pengolahan Air Minum.


15. AMDK

AMDK = Air Minum Dalam Kemasan.
dalam hal ini diartikan sebagai Air Minum yang dikemas dalam bentuk Gallon, Botol, ataupun Gelas.
AMDK air minum yang diperjual belikan atau dipasarkan di toko toko, kios, ataupun super market yang dimana dipasarkan secara umum untuk masyarakat haruslah mengacu pada :
SNI = Standar Nasional Indonesia
MD = Merek Dagang
ISO = International Organization for Standardization


16. Hard Water - Hardness

Hard Water atau Hardness Water adalah air yang Keras dan memiliki nilai Kesadahan yang tinggi, yang dimana kandungan CaCO3 atau Kapur adalah sangat tinggi, terjadi banyak endapan warna putih.
Cara paling sederhana untuk menentukan kesadahan air adalah diuji dengan busa / buih dengan sabun atau pasta gigi , ketika dipakai tidak mudah berbusa dengan air yang keras.


17. Softwater - Air yang Lembut

Softwater - Air yang Lembut adalah Air dengan kandungan CaCO3 yang amat rendah, sehingga air tersebut amat lunak, enjoy, dan sangat nyaman untuk dipakai Mandi, Gosok Gigi, serta lainnya.
Softwater dapat diproses dengan menggunakan Water Softener / pelembut air, yang dimana kita memFilter / melewatkan air dalam suatu Tanki yang diisi dengan Catode-Ion / Resin, dan hasil dari air tersebut tidak akan menimbulkan endapan warna Putih didalam pipa yang kita pakai di Rumah atau Pabrik kita.


18. Dozing Pump - Dosing Pump - Chemical Dosing Pump

Dozing Pump - Dosing Pump - Chemical Dosing Pump adalah Pompa pendorong untuk berbagai proses pada Mesin Filtrasi air, ataupun pada sistem Filterisasi.


19. Pressure Gauge

Pressure Gauge = Tekanan Meter
Pressure Gauge disini menunjuk pada satuan Kg/cm2 dan Psi.
1 Kg/cm2 = 14,22 Psi.
Semua Mesin Air Minum RO kami sudah dilengkapi dengan Pressure Gauge ini, ini adalah amat berguna untuk mengetahui tekanan air pada mesin air RO kami.


20. Flow Meter

Flow Meter = Meter Penunjuk Banyaknya aliran Air untuk setiap menitnya.
satuan dalam Flow Meter adalah Gallon Per Minute dan Liter per minute.

Pada semua Unit mesin Air RO kami (Minim 8.000 liter keatas) pasti mempunyai Flow meter tersebut untuk memudahkan Anda mengetahui jumlah aliran Air Pembuangan (Drain Water) dan hasil Air RO (Pure Water) setiap menitnya.


21. Auto Flush - Auto Flushing - Auto Membrane Flushing

Auto Flushing adalah Suatu sistim dari mesin RO untuk secara Otomatis akan memBilas Membrane RO.

Pada semua Unit Mesin Air RO kami (Minim 8.000 liter keatas) PASTI dilengkapi dengan sistem ini.
Auto Flushing Membrane adalah Amat Sangat dibutuhkan pada Mesin RO yang Baik, sebab Auto Flushing Membrane ini adalah untuk Memperpanjang Usia Membrane agar TIDAK CEPAT BUNTU / BLOCKED.


22. Pressure Adjustable

Pressure Adjustable = Tekanan air yang dapat diSetel / atau dapat dirubah.
Pressure Adjustable adalah AMAT DIBUTUHKAN pada Mesin Air RO yang Baik, Dengan Pressure Adjustable ini anda akan Dapat mengatur Tekanan yang ada dalam Mesin Air RO tersebut.

Pada semua Unit Mesin Air RO kami (Minim 8.000 liter keatas) PASTI dilengkapi dengan sistem ini.
Ini berfungsi untuk Mengatur hasil Air RO secara maximal sesuai yang dikehendaki.


23. pH Adjustable

pH Adjustable = Pengaturan pH air hasil RO.

Mungkin ini yang tidak dipunyai di Mesin RO sejenis.
Padahal pH Air Minum adalah AMAT PENTING bagi kehidupan serta kesehatan manusia, namun sementara ini kebanyakan hanya mengacu pada TDS air minum saja.

TDS air minum yang rendah / murni, diimbangi dengan pH yang sesuai dengan Tubuh Manusia, akan menghasilkan Kesehatan Tubuh yang Maximal.


24. RO Controller

RO Controller = Pengatur Kinerja Mesin Air Minum Reverse Osmosis.
RO Controller adalah salah satu Syarat UTAMA pada mesin air minum RO yang BAIK.
RO Controller disini adalah untuk semua pengaturan dan perlindungan dari Mesin Air RO secara OTOMATIS.
Seperti semua Barang IMPORT / ORIGINAL dari Mesin industri Air RO yang Benar dan Berkualitas pasti dilengkapi dengan Pengatur ini.

Semua Unit Mesin RO kamipun juga dilengkapi dengan Pengatur Kinerja Mesin Otomatis ini.

- Mesin Air RO 400 Gallon
- Mesin Bisnis Air Minum RO Kaps. 800 Gallon - 16.000 Liter/hari Full Automatic.
- Depot Air Minum Isi Ulang RO 8.000 Liter - 400 Gallon 3 In 1
- Unit Set Mesin Filter Air Minum RO 16.000 Liter - 800 Gallon
- Mesin Pabrik Air RO 1.600 Gallon
- AMDK - Mesin Air Minum Dalam Kemasan

25. Vertical Multistage Centrifugal Pump Stainless Steel

Vertical Multistage Centrifugal Pump Stainless Steel adalah satu sistem untuk Pompa RO yang amat Handal dan Awet.
Sistem ini menggunakan bahan yang berputar / Impeller, yang terbuat dari Stainless Steel khusus yaitu Baja Stainless type 304 yang dimana adalah sudah Katagori Food Grade, dan disamping itu Multistage adalah pengertian bahwa yang mendorong air terdiri dari Barlapis lapis / bertingkat tingkat.
Dalam sistem ini mempunyai kestabilan Pressure / Tekanan yang Stabil dan Kontinuitas, serta Sifatnya Marathon / tahan untuk dipergunakan secara terus menerus tanpa waktu Istirahat dari Mesin Pompa tersebut.

Semua Unit Mesin RO Kami untuk Kapasitas 8.000 liter / hari dan diatasnya menggunakan Mesin Pompa jenis ini, ini adalah untuk memperoleh Daya Tahan Mesin Air RO tersebut saat digunakan secara Kontinue, serta untuk Jangka Waktu yang lama.
Seperti semua Barang IMPORT / ORIGINAL dari Mesin industri Air RO yang Benar dan Berkualitas pasti menggunakan Pompa Jenis Ini.

Semua Unit Mesin RO kamipun juga menggunakan Pompa Jenis Ini.


26. Horisontal Single Stage Pump

Horisontal Single Stage Pump adalah Jenis Pompa yang Tidur dan mempunyai sistem kerja Pendorong Air Tunggal, dalam sistem ini Kestabilan Pressure / Tekanan pada mesin air RO tersebut akan menurun pada saat Mesin RO tersebut digunakan secara terus menerus, sehingga sering dibutuhkan Kipas Angin lagi untuk mengipas Pompa tersebut.
Kami TIDAK Menggunakan Pompa Jenis Ini !!!.

[ 1 ]
Copyright © 2009 www.victoria-ro.com